Senmyou

Senmyou secara harafiah berarti “mengumumkan perintah”, dalam hal ini mengumumkan perintah Tennou (kaisar). Senmyou dibuat berdasarkan konsep bahwa kedudukan Tennou sangat tinggi. Senmyou merupakan salah satu dari rikkokushi (enam sejarah nasional).

Senmyou ada sejak Jepang belum mengenal tulisan (sekitar periode Nara), dan disampaikan secara lisan. Setelah huruf kanji mulai masuk ke Jepang, senmyou mulai dituliskan dengan kambun (huruf kanji dan bahasa Cina.

Senmyou dibuat oleh nakatsukashou (Ministry of Central Imperial Affairs) atas perintah Tennou dan dibacakan dengan suara keras oleh senmyoushi (orang yang bertugas membaca senmyou biasanya pejabat yang mempunyai kedudukan tinggi). Sebelum disampaikan kepada rakyat, senmyou terlebih dahulu disampaikan kepada para pejabat pemerintah dan para bangsawan.

Senmyou yang dianggap mengandung nilai kesusastraan adalah 62 perintah Tennou yang tertera dalam shoku nihongi. Agar tidak terjadi kesalahan membaca senmyou yang menggunakan kanji maka disampingnya dibuat catatan dengan huruf kecil manyougana dengan mempergunakan partikel, kata kerja bantu, akhiran dan lain-lain.

Isi  dari senmyou bermacam-macam, mulai dari penobatan dan pengangkatan Tennou, pemilihan permaisuri, menetapkan nama jaman (nengou), menetapkan atau menghapuskan pangeran ahli waris tahta kerajaan, kematian di keluarga kerajaan, misi diplomatik, pemberian penghargaan, maupun teguran kepada pejabat pemerintah dan bangsawan, pembukaan rahasia terhadap kegiatan-kegiatan bawah tanah, dan lain-lain.

Ada juga senmyou yang memuat cara penerimaan upeti, cara menghukum dan membebaskan orang-orang yang berdosa, petunjuk-petunjuk tentang apa yang dimaksud dosa, bahkan senmyou yang memuat bagaimana sikap yang harus ditunjukkan kepada Tennou.

Senmyou mengabarkan keadaan jaman pada masa yang bersangkutan. Sampai-sampai ada juga senmyou yang menuliskan bahwa digalinya emas pertama kali di Jepang merupakan anugrah patung Budha di Todaiji.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s