Awal Kedatangan Jepang ke Indonesia

Awal mula ekspansi Jepang ke Indonesia didasari oleh kebutuhan Jepang akan minyak bumi untuk keperluan perang. Menipisnya persediaan minyak bumi yang dimiliki oleh Jepang untuk keperluan perang ditambah pula tekanan dari pihak Amerika yang melarang ekspor minyak bumi ke Jepang. Langkah ini kemudian diikuti oleh Inggris dan Belanda. Keadaan ini akhirnya mendorong Jepang mencari sumber minyak buminya sendiri.

Pada tanggal 1 Maret 1942, sebelum matahari terbit, Jepang mulai mendarat di tiga tempat di Pulau Jawa, yaitu di Banten, Indramayu, dan Rembang, masing-masing dengan kekuatan lebih kurang satu divisi.[1] Pada awalnya, misi utama pendaratan Jepang adalah mencari bahan-bahan keperluan perang. Pendaratan ini nyatanya disambut dengan antusias oleh rakyat Indonesia. Kedatangan Jepang memberi harapan baru bagi rakyat Indonesia yang saat itu telah menaruh kebencian terhadap pihak Belanda. Tidak adanya dukungan terhadap perang gerilya yang dilakukan oleh Belanda dalam mempertahankan Pulau Jawa ikut memudahkan pendaratan tentara Jepang. Melalui Indramayu, dengan cepat Jepang berhasil merebut pangkalan udara Kalijati untuk dipersiapkan sebagai pangkaan pesawat. Hingga akhirnya tanggal 9 Maret tahun Showa 17, upacara serah terima kekuasaan dilakukan antara tentara Jepang dan Belanda di Kalijati.

Sikap Jepang pada awal kedatangannya semakin menarik simpati rakyat Indonesia. Dan kemenangan Jepang atas perang Pasifik digembor-gemborkan sebagai kemenangan bersama, yaitu kemenangan bangsa Asia. Saat tentara Jepang hendak mendarat di Indonesia, Pemerintah Jepang mengeluarkan slogan-slogan : ”India untuk orang India, Birma untuk orang Birma, Siam untuk orang Siam, Indonesia untuk orang Indonesia.”[2] Jepang juga memberikan janji kemerdekaan “Indonesia shorai dokuritsu”, dan membiarkan bendera Indonesia dikibarkan. Bahkan sebelum Jepang mendarat di Pulau Jawa, siaran Tokyo sering menyiarkan lagu kebangsaan Indonesia. Tindakan lain yang dilakukan oleh Jepang adalah melakukan pelarangan terhadap penggunaan bahasa Belanda. Sejak itulah bahasa Indonesia ikut berkembang dengan pesat. Keadaan sebelum kedatangan Jepang juga dikisahkan sebagai berikut :

 

 ….Kalau malam, di radio, disiarkan siaran-siaran radio Jepang yang berbahasa Indonesia, menganjurkan supaya rakyat Indonesia berontak, sebelum Jepang mendarat. Dalam propaganda itu mereka mengatakan Jepang datang bukan untuk menjajah Indonesia melainkan memerdekakan bangsa Indonesia.[3]

 

  Setelah kedatangannya ke Indonesia, tentara ke 16 sebagai perwakilan pemerintah militer Jepang di Indonesia membentuk suatu badan propaganda yang disebut dengan Sendenbu. Badan ini berfungsi untuk mendukung pergerakan Jepang di Indonesia. Melalui badan ini pula, “Gerakan 3A” dipropagandakan, yaitu:

Jepang Cahaya Asia

Jepang Pemimpin Asia

Jepang Pelindung Asia


[1] DR. A. H. Nasution, Sekitar Perang Kemerdekaan Jilid 1, (Bandung: Penerbit Angkasa, 1977), hlm. 84

[2] Purbo S. Suwondo, PETA Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, (Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1996), hlm. 12

[3] Johan Nur. Dalam: Di Bawah Pendudukan Jepang: Kenangan Empat Puluh Dua Orang yang Mengalaminya, (Jakarta: ANRI, 1988), hlm. 14

About these ads

24 responses to “Awal Kedatangan Jepang ke Indonesia

  1. not very completed but it better than another website! good!

  2. Good!Impressive…Interesting…Not Bad!

  3. rio kesuma madja

    gawat yach?? kok nampak sekali perbedaan….kok siapa sih tawanan perang jepang yang terdiri dari tentara australi dan indonesia di kamp tahanan jepang sandakan sabah??

  4. Shanty Cie Ciepiet

    bagus banget tuh cerita bsa masuk ke Ujian tuh,,,,,

  5. Mantap Ceritanya Tuh……………………
    jadi pengen baca lagi……….lagi……dan lagi…………

  6. karena larangan Jepang untuk menggunakan bahasa Belanda, makanya meskipun kita dijajah 3,5 abad lamanya oleh Belanda, cuma oma+opa (asli indonesia)aja yg bisa berbahasa Belanda, itu pun mungkin sekarang udah pada g ada….
    tapi sisi positifnya bahasa indonesia bisa berkembang pesat sebagai bahasa induk.

    blog ini cukup menarik sebagai blog sejarah :-)

  7. namun kini negara indonesia…. udh bebas dr penjajahan jepang,,, namun,, rakyat kecil kita dijajah pula oleh para koruptor di Negri ini….

  8. Inako Namiokaze

    それは本当ですか?インドネシアと日本の戦争?

  9. yup…this is the history…

  10. npa yah katax indonesia n belanda udah di jajah npa indonesia sring nerima bngsa belanda mzuk ke wilayah indonesia????

  11. Aku suka tentang blog ini aku jadi tahu banyak tentang sejarah thaks banget sangat berguna aku dukung blog ini

  12. bgus tuh ceritanya,,
    pas bnget bsa jdi bhan persentasi..

  13. i like it..

  14. lumayan…….. buat tambahan pengetahuan………. terimakasih

  15. hayyun nurhaliza

    bgusss2
    aku jdi lebih tahu tentang sejarah Indonesia
    I LOVE INDONESIA

  16. makasih ya atas pengetahuannya

  17. bisa menambah ilmu nih

  18. Diva Restiya

    gK adHa jwbNx :( ..

  19. SifanySeokyuHaesicaMinstalTaelliLunew Shipper

    makasih atas infonya
    tugas cepet kelar deh,, makasih

  20. membantu saya menyelesaikan tugas sejarah yang belum terjawab

  21. I know so much about the history of indonesia

  22. idk, but i like this blog. thanks for the information

  23. This Is History

    keren bnget critanya , bisa nambah pengetahuan
    apalagi hari ini akan ada ulangan tentang sejarah Indonesia saat dijajah Jepang .

  24. Keren bangert ceritanya
    bisa nambah pengetahuan
    apalagi hari ini akan ada ulangan mengenai kedudukan jepang di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s